Wakili Provinsi NTB, Desa Selat laksanakan Klarifikasi Lapangan Desa Teladan 2024*

  • Aug 27, 2024
  • Admin Desa Selat

 

Direktorat Jendral Bina Pemerintah Desa Kementrian Dalam Negeri hari ini turun mengunjungi Desa Selat, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Senin 26 Agustus tahun 2024. Kunjungan tersebut dalam rangka Klarifikasi Lapangan Evaluasi Desa Teladan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD) Wilayah IV Tahun 2024. Hadir pula dalam kegiatan tersebut kordinator P3PD Provinsi NTB, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat, Camat Narmada serta Lembaga-lembaga Desa Selat lainnya. 

Kedatangan tim penilai dari pusat tersebut disambut langsung oleh Kepala Desa dan P3PD Provinsi NTB. Penyambutan juga menampilkan atraksi kesenian Gendang Beleq khas Suku Sasak dan tarian Rudat. Selesai penyambutan, acara kemudian diisi dengan pemaparan Gambaran umum dan profil desa selat yang disampaikan langsung oleh Kepala Desa. Dalam paparannya Kepala Desa Selat menyampaikan berbagi macam program yang telah dilaksanakan guna  mendukung Pembangunan yang berkelanjutan di Desa Selat. Ia juga menyampaikan bahwa sinergi antar Lembaga desa sangat diperlukan dalam melaksanakan program-program desa.  “ agar program-program bisa kita laksanakan dengan baik, kita terus melakukan sinergi dengan Lembaga-lembaga desa terkait, karena Kerjasama dan kekompakan adalah salah satu factor keberhasilah dalam membangun Desa Selat ini’ tutur nya.

Sebelumnya, Desa Selat ditunjuk mewakili NTB setelah mendapat nilai tertinggi pada penilaian Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Provinsi NTB. Pemerintah Desa Selat memang sejak jauh-jauh hari telah mempersiapkan acara tersebut dengan baik. Mempersiapkan segala administrasi yang menjadi pokok penilaian dalam lomba desa teladan kali ini. Penilaian lomba teladan ini memang memfokuskan pada kelengkapan administrasi desa dan pelaksanaan pemerintahan yang baik dan benar sesuai aturan dan prosedur pemerintahan.

Dalam kegiatan ini Desa Selat juga menampilkan produk-produk unggulan UMKM yang ada di Desa mulai dari produk pertanian dan peternakan seperti anggur, madu lebah trigona, produk industry rumahan seperti berbagai macam keripik dan jajanan sampai produk kerajian seperti kerey gantung dan lain sebagainya.