MAHASISWA KKP UIN MATARAM DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG IKUT BERPARTISIPASI DALAM PEKAN IMUNISASI NASIONAL (PIN) POLIO BULAN JULI TAHUN 2024

  • Aug 19, 2024
  • Admin Desa Selat

Mataram, 23 Juli 2024- Mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasonal (PIN) polio yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari Upaya pemerintah untuk membebaskan Indonesia dari Virus Polio. 

Tim mahasiswa KKP UIN Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terdiri dari 15 anggota disebar ke berbagai dusun yang ada di Desa Selat, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Mahasiswa bekerja sama dengan petugas Kesehatan setempat untuk membantu pelaksanaan imunisasi polio kepada anak-anak yang berusia 0-7 tahun. 

Pak Adit Umra, selaku petugas Kesehatan yang menginformasikan kepada rekan Mahasiswa UIN Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk ikut berkontribusi dalam pelaksanaan PIN Polio ini. Pak Adit Umra “Diharapkan kepada Adik-adik KKP bisa berpartisipasi dalam Posyandu Nasional (PIN POLIO) dikarenakan adik-adik KKP sudah sering berpartisipasi dalam Posyandu yang ada di Desa Selat. Kemudian, adik-adik KKP dapat membagi kelompok untuk setiap dusun”. 

Selama kegiatan berlangsung mahasiswa/i KKP membantu dalam berbagai aspek, mulai dari pendataan anak-anak yang akan di berikan imunisasi, penyediaan logistik, hingga menjadi media dalam Pekan Imunisasi Nasional Polio. Pekan Imunisasi Nasional Tidak hanya bertempat di balai Posyandu, namu juga terdapat di Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Mahasiswa/I KKP UIN Mataram Desa Selat berpartisipasi juga dalam Pekan Imunisasi Sosial (PIN) POLIO di salah satu Raudhatul Athfal (RA) Hikmatussyarif. 

Adapun data terkini merujukkan capaian yang bervariasi di tujuh dusun tempat mahasiswa/i KKP UIN Mataram di tugaskan yaitu: 

Di Dusun Merce Timur, Posyandu Mekar Wangi mencatatkan imunisasi dengan realisasi melebihi target. Dari sasaran 59 anak, berhasil diimunisasi 68 anak, terdiri dari 33 laki-laki dan 35 perempuan. Sementara itu, di Dusun Selat Timur, Posyandu Kenanga berhasil mengimunisasi 66 anak dari target 70, dengan tambahan 8 anak yang diimunisasi di TK setempat. Posyandu Mekar Sari di Dusun Merce Barat hampir mencapai target penuh, dengan hanya 4 orang dari 59 sasaran yang belum terealisasi. Di Dusun Montong Lauq, meski nama posyandunya tidak tercatat, tim berhasil mengimunisasi 48 anak dari target 64. RA Hikmatus Syarief mencatat keberhasilan mengimunisasi 38 anak dari target 42, dengan rincian 21 laki-laki dan 17 perempuan. Sementara itu, Posyandu Kartini Salut masih dalam proses pengumpulan data realisasi dari target 52 anak. Terakhir, di Dusun Montong Daye, Posyandu Dahlia berhasil mengimunisasi 68 anak dari target 79.

Ketua KKP UIN Mataram Desa Selat, Ilman Kharismayadin menyatakan, " Meski ada beberapa daerah yang belum mencapai target, secara keseluruhan capaian ini sudah cukup menggembirakan. Diiringi harapan kedepannya semoga meningkat dan lebih baik."

Selanjutnya Nada Maharani, salah satu mahasiswa anggota KKP menambahkan, "Kami menemui beberapa tantangan, seperti anak-anak yang takut, berteriak dan menangis ketika melihat petugas Kesehatan serta orang tua yang masih ragu akan pemberian imunisasi kepada anaknya. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kami bisa meyakinkan mereka akan pentingnya imunisasi ini."

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, semoga PIN Polio ini menjadi langkah nyata dalam melindungi masa depan generasi mendatang dari ancaman polio. Yang mana setiap dosis vaksin yang diberikan tidak hanya melindungi individu, tetapi juga memperkuat barisan pertahanan global melawan penyakit ini. 

Komitmen kita untuk berperan serta dalam program ini mencerminkan kepedulian mendalam terhadap kesehatan masyarakat dan keberhasilan bersama. Dengan dukungan, kita bergerak lebih dekat menuju dunia yang bebas dari polio. Terima kasih atas kontribusi dalam upaya berharga ini. Bersama, kita menciptakan perubahan yang signifikan dan memberikan masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak kita.