PENARIKAN MAHASISWA KKP UIN MATARAM DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DI DESA SELAT TAHUN 2024

  • Aug 30, 2024
  • Admin Desa Selat

Desa Selat, 22 Agustus 2024 – Hari ini telah dilaksanakan acara Penarikan Mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah menjalani Program Pengabdian masyarakat selama 52 Hari di Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. 

Acara penarikan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kepala Desa, Kepala Dusun Salut-Merce Barat-Selat Timur, Babinkamtibmas dan seluruh rekan KKP UIN Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam sambutannya, Kepala Desa Selat, Bapak Sabudi S.Sos.i menyampaikan Apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan kerja keras para Mahasiswa selama berada di Desa Selat. “Kami sangat berterima kasih atas kontribusi adik-adik Mahasiswa selama 52 hari ini. Berbagai macam Program yang telah dilaksanakan baik program inti maupun program tambahan lainnya. Terima kasih sudah berbaur dengan Masyarakat di Desa Selat ini, adik-adik sangatlah berkontribusi baik di kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial lainnya. Segala kekurangan yang ada di Desa ini mohon maaf semoga ikatan yang telah terjalin tidak terputus hingga kelak”. 

Selama masa KKP, Mahasiswa KKP UIN Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah melaksanakan beragam program, di antaranya : 

Digitalisasi Desa 

Sosialisasi Desa Ramah Perempuan 

Sertifikasi UMKM Halal

Mengajar di TPQ 

Mengajar di SDN 2 SELAT dan Mts NWDI Mercapada

Piket Kantor Desa, Kegiatan Keagamaan, Posyandu, dan Kegiatan Sosial lainnya. 

Bapak Rahmat A. Kurniawan selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari Mahasiswa KKP Desa Selat menyatakan bahwa, Program ini telah mencapai tujuannya dalam memberikan pengalaman berharga bagi Mahasiswa sekaligus membantu Pembangunan Desa. 

“Kami berharap apa yang telah dilakukan oleh Mahasiswa dapat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di Desa Selat ini. Kemudian, segala hal hal yang kurang berkenan di hati Masyarakat kami memohon maaf baik dari tutur kata dan tindakan yang salah selama berada di Desa ini.”

Sementara, Perwakilan Mahasiswa, Maulana Hafiz Akbar Mubarok dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengungkapkan Rasa syukur dan rasa terima kasihnya kepada Seluruh rekan KKP dan masyarakat Desa Selat yang telah menerima kami dengan tangan terbuka dan lapang dada serta tidak membedakan kami meskipun kami dari tempat yang berbeda. 

“Kami belajar banyak hal selama berada di sini, terutama hal hal tentang kekeluargaan. Saya bersama dengan Serli Lestari selaku KKP UIN Sunan Gunung Djati Bandung merasakan hangatnya rasa kekeluargaan yang kami terima baik dari Teman-teman UIN Mataram maupun Masyarakat yang ada Di Desa ini khususnya masyarakat yang ada di Dusun Salut. Terima kasih telah menerima kami tanpa melihat darimana kami berasal”. 

Acara Penarikan ini ditutup dengan penyerahan Cinderamata sebagai kenang-kenangan dari Mahasiswa KKP dan Foto bersama dengan seluruh peserta yang terlibat. Diharapkan, kerjasama antara UIN Mataram, UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Desa Selat dapat terus terjalin hingga kelak.