KKP UIN MATARAM DORONG KESADARAN AKAN BAHAYANYA PERNIKAHAN DINI MELALUI SOSIALISASI DESA RAMAH PEREMPUAN DENGAN TEMA: MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG BERKUALITAS MELALUI PENCEGAHAN PERNIKAHAN

  • Aug 19, 2024
  • Admin Desa Selat

Selat, 31 Juli 2024- Mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Sosialisasi Desa Ramah Perempuan di Madrasah Aliyah (MA) Nahdatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Mercapada pada hari selasa 31 juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kesadaran dan pemahaman tentang bahayanya pernikahan dini. 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Yayasan MA Ittihadul Abror yaitu Bapak H. Moh. Sayuti S.P,, Bapak Sabudi S.Sos.i. selaku kepala Desa Selat beserta jajarannya, Bapak H. Burhanuddin S.E Selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah NWDI Mercapada, dan Bapak Zainal Paizin S.H sebagai Pemateri serta 57 siswa/i dan 9 rekan mahasiswa KKN baik dari Universitas Mataram dan Universitas Muhammadiyah Mataram. 

Sosialisasi ini mengangkat beberapa topik penting, salah satunya bahaya pernikahan dini, dampak positif dan negative pernikahan dini dan usia ideal laki-laki dan Perempuan yang baik untuk menikah. 

Sosialisasi ini dibuka dengan pembacaan Sholawat Nahdatain yang dipimpin oleh Rekan KKP UIN Mataram yaitu M. Adrian Saputra. Kemudian dilanjutkan dengan adanya Sambutan dari Kepala Yayasan MA Ittihadul Abror yaitu Bapak H. Moh Sayuti S.P. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Selat yaitu Bapak Sabudi S.Sos.I. Sambutan dari Kepala Desa Selat ini sebagai tanda bahwa Sosialisasi telah dibuka dan dapat diisi dengan penyampaian materi dari Bapak Zainal Paizin S.H. 

Ilman Kharismayadin selaku Ketua KKP UIN Mataram, menyatakan, “ Kami berharap melalui sosialisasi ini, para Siswa/I dapat lebih memahami pentingnya Mencegah Pernikahan Dini, meningkatkan Pendidikan untuk mempersiapkan generasi yang cerdas”. 

Selama sesi sosialisasi, Para peserta terlibat dalam diskusi interaktif dan Tanya jawab berhadiah. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program KKP UIN Mataram yang bertujuan untuk memberikan dampak Positif bagi Siswa/I untuk mencegah terjadinya pernikahan dini. Sosialisasi ini berlangsung sangat antusias dari semua Peserta baik dari kalangan Siswa/I maupun dari Rekan-rekan KKP UIN Mataram, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, KKN Universitas Mataram dan Universitas Muhammadiyah Mataram. Para Peserta Sosialisai antusias sekali untuk bertanya kepada Pemateri, dikarenakan Topik pembahasan pada sosialisasi ini sangatlah ringan dan mudah untuk dimengerti oleh Siswa/I. 

Salah satu Peserta Sosialisasi, Elsa Fitriani (16), mengungkapkan antusiasmenya , “ Saya merasa lebih sadar sekarang tentang pentingnya melanjutkan Pendidikan dibanding memilih pernikahan dini”. Nada Maharani (21), mengungkapkan bahwa “Dari Sosialisasi ini saya mendapatkan ilmu bahwa Pernikahan tidak hanya dilihat dari segi Ekonomi saja, akan tetapi kesiapan dari 2 calon mempelai dalam membina Rumah Tangga nantinya. Selagi masih ada waktu persiapkan keduanya baik itu Ekonomi maupun ilmu yang dapat digunakan nantinya setelah membina Rumah Tangga”. 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi Langkah awal bagi siswa/I dalam berpikir dan menyadari betapa pentingnya melanjutkan Pendidikan ke Tingkat yang lebih tinggi lagi.