BERSINERGI DALAM KEBERSIHAN : MAHASISWA KKP UIN MATARAM DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG GELAR JUM’AT BERSIH DI MASJID DAN MUSHOLLA DUSUN SALUT, DESA SELAT

  • Aug 19, 2024
  • Admin Desa Selat

Selat-Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan ditunjukkan oleh mahasiswa kuliah kerja partsipatif (KKP) Universitas Islam Negeri Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pada jum’at 12 Juli 2024 dan jum’at 26 Juli 2024, kedua kelompok tersebut berkolaborasi mengadakan kegiatan jum’at bersih di wilayah dusun Salut Desa Selat, Kecamatan Narmada Lombok Barat

Kegiatan yang melibatkan 15 anggota dari kedua Universitas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan para mahasiswa bahu-membahu membersihkan area halaman, dalam masjid, dan kamar mandi.

Kesan dari masyarakat terkait dengan adanya kegiatan jum’at bersih ini “kami sangat antusias dengan kegiatan ini, selain membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan. Kegiatan ini juga memberikan kenyamanan dalam beribadah,” ujar salah satu pengurus masjid dan musholla.

Sementara itu, Serli Lestari sebagai salah satu anggota KKP dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung menambahkan, “kolaborasi ini menambah relasi, pengalaman serta membuka wawasan saya tentang perbedaan budaya dan cara pendekatan terhadap masyarakat di Lombok.”

Jum’at bersih ini direncanakan akan menjadi kegiatan rutin selama masa KKP berlangsung. Mahasiswa KKP Universitas Islam Negeri Mataram dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan setelah program KKP berakhir.