Talud perbaikan Saluran irigasi pertanian dusun Merce Barat

  • Jul 25, 2023
  • Admin Desa Selat

Mewujudkan Ketahanan pangan adalah tugas kita semua, dari pemerintah pusat sampai pada pemerintah di tingkat desa. Karenanya program ini perlu menjadi atensi dan prioritas bersama pemerintah di semua tingkatan. Sebab, berbicara tentang ketahanan pangan adalah berbicara tentang masa depan bangsa.

Ketahanan pangan sendiri mencangkup hal yg luas. mulai dari lahan pertanian, petani, ketersediaan pupuk dan obat serta sarana dan prasarana yg mendukung. Sehingga mendukung program ketahanan adalah sebuah program yang harus bersinergitas dan berkelanjutan. Karena itu pemerintah desa selat juga telah memberikan perhatian tentang hal tersebut, salah satunya dalam hal sarana irigasi pertanian. 

Melihat kondisi di beberapa titik saluran irigasi di desa Selat agaknya perlu dilakukan Perbaikan dan perawatan. Faktor kondisi geografis dan cuaca di kecamatan Narmada khususnya di desa selat, nampaknya berpengaruh terhadap kondisi saluran irigasi. Curah hujan yg tinggi sering menjadi penyebab amblasnya saluran irigasi yang belum di talut. Karena itulah untuk mencegah terjadinya kerusakan yg lebih besar pemerintah desa selat telah menyusun program Perbaikan talud penahan tebing (TPT) dan saluran irigasi tahun 2023 di beberapa titik, salah satunya di dusun Merce Barat. 

Kegiatan pentalutan ini telah rampung diselesaikan. Dianggarkan dari Dana Desa sebesar Rp. 16.800.000, program ini mencapai volume 23 meter kubik. Sasaran nya ialah titik-titik rawan amblas dan berpotensi rusak semakin besar. 

Dari kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kelancaran irigasi, mengurangi pendangkalan serta mendukung pertanian di desa selat agar lebih baik lagi. Tentunya juga merupakan tugas kita bersama untuk menjaga sarana atau fasilitas bersama agar tetap baik.