PEMDES SELAT BAKALI PETERNAK LEBAH MADU TRIGONA

  • Jul 30, 2023
  • Admin Desa Selat

Pemerintah desa Selat hari ini melaksanakan sosialisasi tentang cara budidaya Lebah madu Trigona di Aula Kantor Desa. Sosialisasi ini berkaitan dengan program bantuan bibit Lebah madu yang akan diberikan kepada kelompok peternak di masing-masing dusun di Desa Selat. Hal ini merupakan upaya pemerintah desa dalam mempersiapkan program tersebut agar bisa terlaksana dengan baik. 

Dalam sambutan nya kepala desa selat menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya pemerintah desa dalam mendukung ketahanan pangan serta perekonomian masyarakat. "Ada banyak sekali kelebihan dan manfaat kita beternak Lebah, mulai dari manfaat ekonomi, manfaat kesehatan sampai dengan manfaat ekosistem alam. Ke depan jika program ini sukses di semua dusun, desa selat ini bisa kita jadikan destinasi wisata lebah madu juga. 

Sosialisasi ini disampaikan oleh pemateri langsung dari Ketua Komunitas Perlebahan Lombok Barat. Bapak Hafiz sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pendapatan dari usaha ternak Lebah trigona ini cukup menggiurkan, usaha ternak Lebah yang ia jalani merupakan usaha sampingan namun pendapatan nya seringkali lebih banyak dari pekerjaan utamanya tutur Hafiz yang juga seorang tenaga pengajar. 

Adapun program bidang Ketahanan pangan merupakan program wajib yang harus dianggarkan oleh perintah desa, sesuai dengan Peraturan Kementerian Keuangan tahun 2022. Karena itulah pemberian bantuan bibit Lebah madu trigona ini dianggarkan dari Dana Desa (DD) Tahun 2023. Program ini menghabiskan dana sekitar 130 juta yang anggarannya diperuntukkan untuk pengadaan bibit atau stup trigona, pengadaan bibit buah dan bunga serta perlengkapan  yang mendukung suksesnya program tersebut.